Fitur Baru Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge Yang Harus Diketahui

Now Reading
Fitur Baru Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge Yang Harus Diketahui

Samsung baru saja merilis Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge di ajang MWC 2016, Minggu (21/2/2016). Duo ponsel yang baru memasuki ‘rimba persaingan’ smartphone unggulan ini dilengkapi sejumlah fitur baru dan menarik yang harus anda ketahui sebelum memilikinya. Apa saja?

Secara tampilan, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge hampir mirip dengan Galaxy S6 dan S6 Edge. Namun, kedua smartphone ini dibekali sejumlah fitur baru yang meningkatkan performanya, baik di sisi kamera, umur baterai, daya tahan, dan lainnya.

Berikut sejumlah fakta fitur baru yang hadir di Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge:

Always-on Display
Duo Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge dibekali layar Super AMOLED Quad HD dengan fungsi Always-on Display, seperti yang hadir di LG G5. Artinya, pengguna dapat memperoleh sejumlah informasi penting seperti tanggal, jam, kalender, atau konten pesan tanpa harus ‘membangunkan’ ponsel. Fitur Always-on Display ini dapat dinon-aktifkan dan secara otomatis akan ‘mati’ ketika ponsel dimasukkan ke kantong atau tas.

Tahan air
Salah satu fitur yang hilang di Galaxy S6 adalah fitur tahan air. Melalui Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge, Samsung kembali menghadirkan fitur tersebut dengan sertifikasi IP68. Duo ponsel yang berbalut paduan bahan logam dan kaca ini dikabarkan mampu bertahan hingga kedalaman air 1,5 meter selama 30 menit.

Chipset mobile tercepat
Di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Samsung mentenagai Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge dengan chipset Qualcomm Snapdragon 820. Sementara segara global, perusahaan membekalinya dengan Exynos 8890. Kedua chipset tersebut menjanjikan performa cepat, hemat daya, dan berbagai fungsi handal lainnya.

RAM LPDDR4 4GB
Seperti Samsung Galaxy Note 5, perusahaan membekali Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge dengan RAM 4GB varian DDR4 yang hemat daya. Peningkatan fitur RAM tersebut dibandingkan generasi pendahulunya (Galaxy S6 – RAM 3GB) dipastikan membuat kedua ponsel teranyar ini dapat beroperasi dengan lebih cepat dan mulus.

Samsung Smart Switch dengan konektor USB
Samsung menghadirkan cara yang sangat mudah bagi pengguna yang ingin mengganti smartphone-nya ke Galaxy S7 dan S7 Edge, baik yang sebelumnya menggunakan ponsel berbasis iOS, Android maupun Windows. Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi Samsung Smart Switch, aplikasi yang hadir sejak Galaxy S6, dengan paduan konektor USB untuk mentransfer daftar kontak, sejarah pesan, aplikasi dan game ke S7 dan S7 Edge.

Slot kartu microSD
Fitur yang sempat menghilang di Galaxy S6 dan S6 Edge ini akhirnya hadir kembali di Galaxy S7 dan S7 Edge. Dengan demikian, pengguna tidak sebatas mengandalkan memori internal 32GB atau 64GB di duo Galaxy terbaru, namun dapat memanfaatkan kehadiran slot kartu microSD untuk memperluas memori hingga 200GB.

Baca: Harga Rp 9 Jutaan Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge Rilis di MWC 2016 Di Pasarkan 11 Maret, Indonesia ?

Samsung Galaxy S7 Edge

Samsung Galaxy S7 Edge

Baterai besar
Tren kapasitas baterai besar dan isi ulang cepat juga diadopsi Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge. Kedua ponsel yang berturut-turut menghadirkan baterai 3000mAh dan 3600mAh ini diklaim mampu bertahan selama dua hari masa aktif baterai. Sementara untuk mengisi ulang, pengguna dapat memilih untuk menggunakan cara ‘tradisional’ via kabel, atau sistem nirkabel (wireless) yang keduanya dibekali teknologi fast charging.

Kamera Dual Pixel
Salah satu, atau bahkan satu-satunya kemenangan Galaxy S6 dibandingkan S7 adalah di besaran sensor kamera utama (16MP di S6 berbanding 12MP di Galaxy S7 dan S7 Edge). Namun jangan salah, kamera di Galaxy S7 dan S7 Edge telah dibekali teknologi Dual Pixel, teknologi handal yang mampu mengambil fokus pada obyek dengan waktu jauh lebih cepat. Teknologi a la kamera DSLR yang baru pertama kali hadir di smartphone tersebut memiliki kemampuan 100 persen Phase Detection Pixel.

Selain itu, kamera di Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge dibekali lensa dengan aperture lebih lebar, f/1.7, dengan kecepatan rana lebih optimal dan autofocus lebih akurat, sehingga mampu menghasilkan foto yang detail meski dalam kondisi kurang cahaya.

Grafis Vulcan dan Game Launcher
Duo Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge mendukung API Vulcan terbaru untuk bermain game yang dihadirkan Marshmallow. Berpasangan dengan Galaxy S7 dan S7 Edge, Vulkan API memberi kesempatan bagi pengguna untuk bermain game yang memiliki grafis high-performance dengan konsumsi baterai rendah.

Selain itu, hadir pula fitur Game Launcher yang memungkinkan pengguna untuk mengatur konsumsi baterai dan meminimalkan notifikasi, lewat pilihan ‘No alert during game’, ketika sedang bermain game. Untuk menghemat baterai, gamer dapat memilih ‘Save power during game’ untuk menyesuaikan resolusi dan frame rate. Pengguna juga dapat merekam permainan game-nya serta membagikan screenshot dengan pemain lainnya.

Liquid Cooling
Salah satu fitur andalan Galaxy S7 dan S7 Edge adalah teknologi Liquid Cooling. Lewat pipa kecil berisi cairan yang disirkulasikan sekitar CPU dan GPU, kedua ponsel tersebut dapat mempertahankan suhu internal ketika digunakan untuk bermain game.

Android Marshmallow dengan UX Edge versi baru
Dibenamkan awal dengan OS Android 6.0 Marshmallow plus TouchWiz terbaru, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge pastinya memiliki kelebihan tertentu dibandingkan Galaxy S6, Galaxy Note 5, maupun serial Galaxy A 2016 yang dioperasikan dengan Android 5.0 Lollipop.

Cat. 12 LTE modem
Tidak seperti Galaxy S6 atau Galaxy Note 5 yang mendukung LTE Cat. 9 dengan kecepatan hingga 450Mbps, modem terbaru di Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge mendukung jaringan LTE Cat. 12 dengan kecepatan unduh hingga 600Mbps dan unggah hingga 150Mbps.

About The Author
bani.andro
Comments
Leave a response

Leave a Response